Tuesday, July 21, 2020

Tips Belanja Online


Ohayou Aruji-san tachi!!!!

Tory kemarin sempat Bad Mood waktu belanja online gara-gara kurirnya ngegas, padahal Tory udah nunggu lama juga dianya ga datang-datang giliran Tory udah sibuk baru deh datang. Baiqlah itu tadi curhatan Tory yang gak penting. For your information kali ini Tory mau berbagi tips belanja Online. Yukk disimak Aruji-sama… nyehehe~

1.  Pastikan olshop terpercaya
Sekarang banyak aplikasi belanja online yang bermunculan, menawarkan beragam fasilitas yang menarik pembeli, itu artinya banyak pula penjual yang menawarkan barnag yang serupa dengan harga yang beraneka ragam. Pastikan Aruji-san melihat ulasan pembeli sebelumnya di olshop tersebut dan bagaimana olshop tersebut merespon keluhan konsumen.  Ini berlaku untuk olshop di aplikasi khusus dagang maupun media sosial, penting mengetahui bagaimana etika penjual kepada pembeli.
Usahakan olshop menggunakan pembayaran transfer via bank ataupun fitur pembayaran yang tersedia di aplikasi, jangan menggunakan alat pembayaran berupa pulsa. Pernah kejadian Tory beli di olshop yang mengizinkan pembayaran via pulsa yang ternyata (menurut si olshop) mereka tidak bisa convert pulsanya menjadi uang. Uang Tory melayang, barangnya Tory ga nyampe, dan owner olshopnya ilang. Itu tragedy memilukan waktu beli nendoroid Tsurumaru sebelum akhirnya beli lagi di olshop lain yang trusted. Bayangin harga nendoroid yang gak murah tapi wujudnya ga ada di tangan… huhuhu T^T.

2.  Ada harga ada kualitas
Sering kali beberapa olshop memajang foto dari barang yang bukan hasil produksinya sendiri (reseller). Bukan hanya satu saja namun juga beberapa penjual lain memajang foto serupa dengan harga berbeda. Pastikan Aruji-san membaca deskripsi produknya karena bisa saja harga miring karena produknya dibagi (share in jar) atau kadar beratnya berbeda. Banyak barang yang murah merupakan barang tiruan atau tidak original dari perusahaannya langsung. Misalnya harga eyeshadow Anastasia Beverly Hills biasanya dibanderol diatas harga 500k, namun kalian bisa juga menemukan produk serupa yang harganya mungkin bisa separuh bahkan mungkin hanya 100k saja. Keoriginalan produk patut untuk dicari tahu.
Tapi tidak semua produk murah berkualitas jelek, ada pula yang bagus tergantung selera masing-masing Aruji-san.

3.  Terjadi salah terima barang
Ini sering banget kejadian sama beberapa orang (untungnya Tory nggak pernah, semoga jangan kejadian) pastikan Aruji-san membaca deskripsi lengkap dari penjualnya. Terkadang ada tulisan ‘sertakan warna cadangan dan jenis barang lain jika sewaktu-waktu pesanan yang dipilih kosong atau sudah dibeli lebih dulu oleh orang lain’, seringkali kita tak menyertakan pilihan lain karena sudah yakin pesanannya akan datang, namun sama halnya dengan jodoh, gak ada yang tahu barang itu akan menjadi milik Aruji-san atau bukan. Jika perlu Aruji-san bisa bertanya sejelas-jelasnya pada penjual sampai semua rasa penasaran Aruji-san tuntas. Boleh bertanya banyak-banyak terus ga jadi beli? Boleh. Karena konsumen adalah raja, namun jadilah raja yang bijak. Eaaaaaa pagi-pagi Tory bikin apaan dah >0<.

4.  Pengiriman lama
Lama pengiriman tergantung jasa kirim yang digunakan oleh penjual namun terkadang penjual juga memberikan opsi (pilihan) kepada Aruji-san hendak menggunakan jasa kirim apa yang mungkin ingin Aruji-san sesuaikan dengan isi dompet. Semakin murah jasa kirim maka semakin lama waktu pengirimannya, mungkin jika memakai jasa kirim A hanya membutuhkan waktu 2-3 hari, namun jika pakai jasa kirim B mungkin bisa 1 minggu lamanya. Lama pengiriman juga tergantung jarak antara penjual dan Aruji-san. Apalagi sekarang sedang diberlakukan PSBB dan Adaptasi Kebiasaan Baru di beberapa wilayah yang membuat pengiriman menjadi lebih lama (Tory pun beli barang dari luar negeri dikirim pakai kapal dari sebulan yang lalu belum sampai ke tangan Tory sampai sekarang huhuhu…). Bersabarlah semoga badai ini lekas berlalu..

5.  Etika Jua-Beli
Tata tertib/aturan/ tata karma yang berlaku dalam system jual beli bisa meningkatkan kepercayaan konsumen dan kemajuan penjualan. Semenjengkelkan apapun konsumen tetap harus diladeni dan dijawab semua pertanyaanya sampai tuntas.  Begitu pula dengan konsumen yang harus sabar menunggu pertanyaannya dijawab karena yang bertanya bukan hanya seorang >0<.  Penting untuk selalu membungkus barang yang akan diberikan kepada konsumen, jika tidak menggunakan plastic pakailah amplop cokelat atau tote bag. Pastikan pula nama penerima adalah nama yang susungguhnya, seringkali nama medsos/akun yang digunakan pembeli bukan menggunakan nama aslinya. Usahakan memiliki format order ya~


         Baiklah itulah segelintir kecil tips dari Tory yang semoga berguna… thank you for visiting my blog.. ya ampun Tory terhura dah banyak yang kesini setiap harinya. Dukungan kalian sangat berarti agar Tory lebih produktif.

         Oh ya, berita entah duka entah bahagia, manga Haikyuu! Resmi tamat pada tanggal 20 Juli 2020 kemarin. Ini salah satu manga favorit Tory yang bahkan komiknya Tory koleksi, animenya sendiri sudah Tory saksikan sekitar 5 tahun yang lalu bahkan sampai sekarang. Gara-gara nonton ini Tory jadi rajin jogging pagi jika hari libur. Perjalanan dari zero to hero nya Hinata Shouyo dan indahnya panggung butai Haisute bikin makin jatuh cinta. Tory pribadi suka anime yang tidak bertele-tele dan bisa tamat karena cerita yang meskipun bisa dikembangkan tapi sudah saatnya diakhiri dengan tepat. Gausah lagi nyeritain anaknya Tanaka sama Shimizu biar komiknya makin panjang, Tory bakal setop koleksi kalau begitu. Intinya indah banget lah ending mereka bahkan setelah perjalanan panjang Hinata yang akhirnya berhasil masuk timnas Jepang. Taggar #ThankYouHaikyuu jadi trending nomor 1 saat detik-detik perilisan chapter terakhir manga sport abad ini.

Baik itu saja dari Tory hari ini, sekali lagi semoga bermanfaat.
See ya on the next post!
Bye bye~

No comments:

Post a Comment