Wednesday, August 26, 2020

Review & Recomended Anime: Tian Bao Fuyao Lu/Legend of Exorcism (Donghua)

 

Hello Guys.. jumpa lagi dengan Tory yang keche badhayy ini. Gimana kabarnya? Semenjak WFH dan belajar online Tory ngerasa anak masa depan banget dah jadi tahu fungsi-fungsi aplikasi yang ga pernah dipakai. Baiklah karena seringnya Tory berkutat dengan internet dan kawan-kawannya, Tory secara gak sengaja nemu sebuah Donghua (sebutan anime dalam bahasa Tiongkok) dari bilibili. Awalnya Tory ngira itu adalah video CF game baru yang tetiba disarankan di beranda yucup Tory, asal download aja yang akhirnya Tory jatuh cinta dengan opening songnya. Nggak pakai basa-basi langsung opening song yang dinyanyikan dengan merdu dan lembut terus menggambarkan suasana di donghuanya.

Ending songnya pun bercerita tentang petualangan mereka yang penuh resiko namun itu merupakan takdir mereka, menghadapi susah senang, hidup mati bersama tak ada penyesalan bersamamu. Yang paling menyentuh tuh lirik paling akhir yang artinya Aku mencintai Chang’an, karena aku memilikimu disana’. WOAAAAHHHHHHH AMBYAAAARRRRR Tory udah kek orang kesurupan nonton sendirian di kamar malam hari terus berusaha menahan jeritan dengan gerakan tak terkontrol (> 0 <). Sepertinya ending song mereka dinyanyikan oleh 5 karakter utama. Chang’an tuh nama kota tempat mereka tinggal.

Saking antusiasnya ampe lupa sebutin judulnya, Tian Bao Fuyao Lu/Legend of Exorcism. Bersiaplah gaes pembahasan kali ini bakal panjang banget. Donghua dan manhua (sebutan manga di Tiongkok) nya masih on going. Donghua baru sampai episode 6 dan manhuanya baru sampai chapter 27. Baik langsung saja ke sinopsisnya.

Berkisah tentang Kongxuan (salah satu dari 3 penguasa demon world) yang bertarung dengan seseorang dari mortal world (dunia manusia) yang intinya melarang Kongxuan hidup di dunia manusia bersama anak dan istrinya yang seorang manusia. Kongxuan dan istrinya terbunuh dan hanya menyisakan putra mereka, Kong Hongjun yang masih kecil kemudian dibesarkan oleh paman-pamannya, Qing Xiong dan Cong Ming yang merupakan salah satu dari penguasa demon world. Hingjun tumbuh dalam asuhan Cong Ming yang keras dan disiplin menjadikan Hongjun pemuda yang tangguh nan rupawan namun berhati sangat lembut. Ia sangat menyayangi Cong Ming meskipun ia tahu bahwa Cong Ming bukanlah ayah kandungnya.

Hongjun pergi ke mortal world dan bertemu dengan rekan-rekan yang akan berjuang bersamanya untuk mengusir iblis di kota Chang’an. A Tai, Li Jinlong, Mo Yugen dan Qiu Yongsi tak lupa ikan hidup peliharaan Hongjun, Zhao Zilong. Tak ada satupun teman-teman Hongjun yang tahu bahwa Hongjun merupakan setengah manusia dan setengah iblis. Mereka harus mengusir semua roh jahat dan iblis yang berdiam di kota Chang’an sebelum the holy demon bereinkarnasi. Jika holy demon berhasil bereinkarnasi kekuatan mereka berlima pun tak akan ada apa-apanya. Sebenarnya yang akan menerima dampak kebangkitan holy demon hanya mortal world saja tapi karena teman lama Kongxuan mengirimkan surat permintaan ke demon world dan diterima oleh Qing Xiong, dikirimlah Hongjun untuk turut berpartisipasi meskipun awalnya Cong Ming menentang keras karena Hongjun adalah anak yang ia besarkan selama 12 tahun hendak dikirim ke mortal world untuk membantu manusia yang menurut Cong Ming serakah dan tak tahu diri.

Hongjun sangat tak terpisahkan dengan Li Jinlong, ketua divisi exorcist yang sebelumnya merupakan kapten akademi militer Chang’an. Karena perkelahian dengan Hongjun yang berujung pada pemindah tugasannya ke divisi exorcist. Lampu hati milik Hongjun hancur terkena pedang milik Li Jinlong yang membuat lampu hati tersebut tersimpan di hati Li Jinlong. Seharusnya lampu hati tersebut diberikan pada keturunan keluarga Chen Shiyi. Selain aksi yang menegangkan dan efek sound yang bagus scene comedynya juga tak kalah lucu.

Kalian bisa nonton animenya langsung di bilibili atau di aplikasi lainnya yang menyediakan subtitle. Mari kita bahas grafiknya, jujur ini pertama kalinya Tory nonton donghua yang mengusung konsep fantasy 3D, sebenarnya ada banyak donghua yang mengusung konsep fantasy 3D namun belum ada yang menarik perhatian Tory karena Tory pernah menemukan scene yang mana karakternya bersuara tapi mulutnya gak bergerak. Tory langsung skip dan gak mau nonton, namun donghua Legend of Exorcism ini pun tak luput dari terdiamnya mulut karakter dan suara tetap jalan, mungkin ini resiko penggunaan gambar 3D ya?

Kehalusan gerakan jangan ditanya lagi, namanya juga 3D mau karakternya muter kayak tornado juga shading dan lightingnya O.K. Ciri khas donghua 3D adalah hidung yang mancung kecil sempurna, bulu mata yang tebal atas bawah (helai demi helainya kelihatan guys), dagu yang berbentuk huruf V, rahang yang tegas, bibir tipis berbentuk huruf M dan berwarna peach sehat, alis yang lurus dan natural, sudut mata terangkat, kulitnya semulus sutra, dan rambutnya yang halus panjang. Tak heran wajah antar karakter biasanya sangat mirip.

Donghua ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Feitian Yexiang dari Jinjiang Literature City. Guys.. kalau kalian heran dengan kedekatan antara Hongjun dan Li Jinlong itu wajar karena dari komen yang Tory ubek-ubek di yucup novel ini bergenre BL namun di donghuanya seperti yang kita duga hanya ada bromance saja. Tory sendiri gak baca novelnya karena pasti hanya ada terjemahan berbahasa inggris yang kadang Tory perlu menggunakan rumus bidang Cartesius untuk memahaminya, gak deng becanda ya kali ngartiin pakai Cartesius. Tapi sejauh ini action dan comedynya benar-benar memukau, grafiknya juga indah luar biasa, sudahlah lagi keindahan istana di demon world tempat Hongjun tinggal. Maklum tinggalnya di atas awan jadi tempatnya nggak pernah hujan dan berpetir.

Apakah donghua ini recommended? Tentu saja YA! Actionnya dan audionya bolehlah Tory sejajarkan dikit dengan buatan UFOtable. Baiklah Tory sudah habis menjelaskannya, agak capek juga ternyata karena rupanya udah hampir 3 halaman bahas Legend of Exorcism doangan. Ini Tory sertakan gambar-gambar hasil tangkapan layar Tory yang semoga bisa menjadi penyemangat kalian dalam menjalani aktivitas di rumah. Silahkan dinikmati . . .

Li Jinlong

Mo Yuegen

A Tai, Qiu Yongsi, & Mo Yuegen


                                                     May I be with you sepanjang hidup ini
CongMing/ZhongMing (ayah angkat Hongjun)

Zhongming & Qingxiong (alasan baju mereka terbuka untuk memudahkan perubahan wujud mereka menjadi burung. It would be a pain jika baju mereka tidak fleksibel dan melukai sayap mereka

Diantara semua karakter cewek, Hongjun ini cantiknya kayak gula, sebanding lah sama selirnya Kaisar meskipun dia ini lelaki tulen

Ekspresi nangisnya aja bagus banget. Sungkem dulu sama tim animasinya

The son of Peacock King

Gagah banget Hongjun ya ampun...
 
Zhao Zilong, ikan peliharaan Hongjun lucuuuu

Ini menyedot perhatian banget sih body nya ituloh ideal sekaleee

Qiu Yongsi, menurut Tory dia ini terupawan kedua setelah Hongjun

Li Jinlong yang marah ampe ke ubun-ubun gara-gara kehilangan jabatan setelah bertemu Hongjun

Everybody loves Hongjun


Jinlong yang ngamuk gara-gara tugas remeh untuk divisi exorcist

Hayolohh ngapain mereka berdua di bawah kolong???
Hongjun kecil cakepnya kebangetannn



Singgasana 3 penguasa demon world

Di donghua seperti ini cara jalan laki-laki dan perempuan sama anggunnya > o < 

Everybody are worried for Hongjun

FYI, mereka berdua seharusnya musuh satu sama lain (Tory udah baca novelnya sampai kelar)

Di novel, Jinlong memang selalu menjanjikan banyak hal pada Hongjun tapi semua janjinya selalu ditepati

'Ketika aku memanjat dinding rumahku dan bertarung denganmu malam itu, saat itulah aku menghabiskan seluruh keberuntungan dalam hidupku' (Ini adalah lirik ED Song yang merupakan dialog Li Jinlong di chapter terakhir sekaligus dialog penutup)

Mo Yuegen favorit semua orang >///<

Fei Ao, antek-antek musuh yang kemunculannya sebentar banget tapi tampan paripurna

Berasa kita yang mau dilempar

Sungguh pemanah yang tangguh
 
Okayy itu dia panjang banget yak post kali ini berasa makalah (ya kali makalah ga segininya juga). Oh ya, anime Fugou Keiji sudah berlanjut lagi dan sekarang sudah sampai di episode 6, dan OVA Boku No Hero Academia juga sudah dirilis... silahkan dinikmati ^_^
 
See ya on the next post!
Bye bye~



 

 

 

No comments:

Post a Comment