Wednesday, September 4, 2019

Review Anime : Spiritpact Season 1 & 2


         Konbanwa minna-san… ogenki desuka?

        Okayy minna-san kali ini Tory nyehehe~ akan membawakan kembali anime yang berasal dari Cina berjudul Spiritpact. Perlu diketahui (dari info yang Tory dapatkan) anime ini sebenarnya tidak berkategori BL (Boys Love) meskipun memunculkan adegan kissing antar lelaki tapi tidak dimaknai sebagai sesuatu yang romantis. Lebih ke bromance aja sih tapi bagi kalian yang merasa kurang nyaman atau masih berusia dia bawah 18 tahun tidak disarankan untuk menontonnya ya. Kalau Tory sih lebih ke alur cerita yang unik dan pastinyaaaa OST dari anime ini tuh cakep benerr dah terutama yang ‘Glad You Haven’t Leave Me’ by Jalam. Woahh Tory seneng banget pas tahu arti dari lagunya tuh dalam banget (thanks a lot for the translation). Anime ini juga sudah memiliki dubbing Jepang dan opening animenya pun menggunakan dua versi bahasa dan terdiri dari 2 season.

       Mari kita mulai bahas animenya, berkisah tentang You Keika seorang pria yang bekerja sebagai peramal di pinggir jalan dan tukang reparasi laptop tewas tertabrak truk setelah melihat pertarungan Tanmoku Ki (kalau versi Cina namanya jadi Duanmu Xi) dengan seorang roh jahat. Karena suatu alasan khusus Tanmoku Ki ingin You Keika menjadi roh bayangannya, bisa juga disebut roh penjaga untuk Tanmoku Ki yang merupakan seorang Youmeishi (seorang spiritualis hebat yang menjadi penyeimbang antara cahaya dan bayangan). Di season 1 akan dijelaskan pelan-pelan mengapa Tanmoku Ki memilih You Keika yang sama sekali tak punya pengalaman melawan roh untuk menjadi roh bayangannya. 

        Ternyata, sewaktu kecil mereka pernah bertemu dan Keika membela Tanmoku yang saat itu di bully oleh teman-teman seusianya. Namun belum sempat saling mengenal nama masing-masing Tanmoku terpaksa pindah karena menderita luka serius yang disebabkan orang-orang yang tak menyukainya. Setelahnya Tanmoku tinggal di kediaman utama keluarga ayahnya yang merupakan Youmeishi saat itu. Terkuak pula fakta bahwa You Keika merupakan keturunan dari You Nei. You Nei adalah spiritualis bertangan satu yang merupakan teman dekat Tanmoku Rakugetsu sang Youmeishi pertama. Sungguh kebetulan yang berputar-putar ya minna-san ternyata dunia sempit jugaa.

      Season 1 masih menceritakan proses awal bagaimana You Keika terbiasa hidup di lingkungan keluarga Tanmoku dan pertaruhan antara Tanmoku Ki dan Tanmoku Rakugetsu serta sejarah pedang Rakugetsu yang menjadi milik You Keika. Tanmoku Ki sendiri memiliki seorang tunangan cantik bernama Shin Shiyou namun ia sendiri tidak terlalu memikirkan perjodohan itu dan Shin Shiyou juga tidak terlalu mempermasalahkannya semenjak berteman akrab dengan You Keika. 

        Season 2 menceritakan bagaimana Tanmoku Ki yang selama bertahun-tahun memendam rasa bersalah kepada bodyguard pribadinya sekaligus teman satu-satunya di kediaman Tanmoku yaitu Senryuu Sekijin yang tewas bunuh diri di hadapannya. Mereka tumbuh bersama hingga Tanmoku Ki masuk SMP dan mendapati kenyataan bahwa teman yang paling ia percaya memiliki misi untuk membunuhnya.

         Di season ini grafiknya lebih indah dan lebih tajam dari season 1 apalagi kalau sudah masuk di scene ‘Lautan Jiwa’ wahh pemandangannya indah bangetttt apalagi Tanmoku Ki yang bersinar udah kayak dewi salju apalah apalah… di sini juga jauh lebih banyak pesan-pesan moralnya contohnya yang diutarakan Seiryuu


“Tuan, hubungan antar manusia itu rumit seperti menerbangkan layang-layang, jika talinya tidak ditarik tak akan bisa terbang tinggi tapi memegang talinya terlalu kuat akan menyebabkan talinya putus dan layangannya akan jatuh dan tak bisa kembali lagi..”


          Kurang lebih begitu minna-san. Tapi setelah Tanmoku Ki sadar bahwa masih ada orang-orang di sekitarnya yang menyayanginya dan peduli padanya ia berusaha bangkit dari keterpurukan, terlebih saat ia tahu bahwa You Keika adalah satu-satunya orang yang tak menginginkan apapun darinya dan menganggapnya seperti orang-orang pada umumnya. Tapi.. endingnya bikin geregetan karena kakaknya Senryuu gak terima adiknya tewas bunuh diri kembali menghidupkan adiknya dengan obat illegal. Namun sangat disayangkan tak akan ada lanjutan berupa season ke 3 dan sejenisnya. Untuk menemukan manganya juga penuh perjuangan dan belum ada kemajuan cerita -_-.

          Spiritpact ini juga memiliki versi Live Actionnya yang berdurasi 1 jam lebih (bukan drama kayak The Untamed ya). Kalian bisa dapatkan di Yo*t*be namun yang tersedia hanya sub Vietnam, jadi Tory beneran enggak ngerti apa-apa di live action itu. Terlebih lagi.. hahaha.. Tory kecewa dengan versi live action yang mengubah terlalu banyak cerita dan kualitas akting yang menurut Tory masih sangat kurang. Tory udah nonton anime spiritpact puluhan kali dan udah hafal banget jalan ceritanya dan disini tuh (live action) nggak ada satupun yang Tory pahami merupakan bagian dari cerita di anime. Singkat kata, Tory tidak suka live actionnya mohon maap yak…

        Oh ya, soal adegan kissing itu sebenarnya hanya perantara menyalurkan energi spiritual antara You Keika dan Tanmoku Ki. Mirip dengan proses menyalurkan nafas pada proses CPR. Tapi terlepas dari adegan kissingnya anime ini punya banyak pesan moral tergantung dari sisi mana Minna-san menilai anime ini. Tory paling rekomendasikan soundtracknya deh beneran bagus..


Baiklahhh ini dia screenshootannya minna-san~

 
You Keika sebelum kematiannya




Tanmoku Ki

Cincin pengikat roh khusus untuk roh bayangan Youmeishi

Shin Shiyou

Mungkin cewek kalau ketahuan rembes sama teman tunangannya bakal begini nih

*Aplause for the creator*


Saking gak tahunya rasa makanan enak

Tanmoku Rakugetsu dan You Nei (Shisei)

Tanmoku Rakugetsu the 1st Youmeishi

Kawaii~

perempuan galak di mata You Keika

Et, et siluet apaan tuh

Rakugetsu menyerah pada iblis dan kehilangan kendali atas emosinya sehingga membunuh penduduk desa dan You Nei harus menghentikannya

Ini adalah Keika yang dirasuki oleh Rakugetsu

Inget ya minna-san nggak semua perbuatan baik kita akan berbalas kebaikan juga yang penting ikhlas


Rambutnya sepoi-sepoi

Lucunya di pat pat begituu


Tanmoku Ki waktu kecil sebelum rambutnya berubah jadi putih

Ini omongannya Tanmoku Ki emang ambigu sih haha

Seiryuu Sekijin




Tanmoku Ki yang menunggu jiwa Seiryuu Sekijin dalam lautan jiwanya

Tanmoku Ki saat remaja

Dia mengabulkan harapan terpendam Seiryuu Sekijin


Lautan jiwa Tanmoku Jiun




Jubahnya bagus bang

Ini art manganya






Indah banget lautan jiwanya Tanmoku Ki~~~

Benreran kayak lautan jiwa banget dahh

Omaygatttt cakepnyaaaaa




You Keika itu satu-satunya yang gak meminta atau mengharapkan apapun dari Tanmoku Ki
Betapa berharganya punya teman seperti ini.

Sejumput bonus yaa entah kenapa pas scene ini, adegan, backgroundnya, sudut gambarnya, warnanya, sampai soundtarcknya tuh passssss banget. Indah banget pokoknya

 Baiklah segitu dulu ya minna-sa tachi~ semoga bermanfaat dan menghibur. Silahkan request Tory harus review anime apa lagi. Tinggal tulis di kolom komentar atau kirimkan langsung ke email. Sankyu~

Bye bye~

1 comment:

  1. Jumlah episodenya s1 sama s2 nya berapa kak trus nontonnya dimana ya🥲

    ReplyDelete