Wednesday, July 10, 2019

SKRIPSI??? Hahaha.. it's fun


Ohayou Godzaimasu Minna-san~ genki desuka?
Hari yang cerah untuk sebuah pembahasan yang cerah hehehe yup seperti judulnya kita akan membahas tips-tips untuk mengerjakan skripsi agar nggak mandek dan tidak malas tanpa alasan yang jelas. Mengubah Skripsh*t menjadi Skripsweet. Admin kali ini adalah yang sudah pernah melewati proses terbentuknya sebuah skripsi yang di penghujung tibanya sebuah hari dimana skripsimu dijilid dengan hardcover yang cantik. Bingung ya? Sok puitis banget ini adminnya.
Baiklah tanpa banyak bercing-cong ria mari kita mulai tipsnya..

1.     Absen muka
Datanglah paling pagi ke pembimbing skripsimu. Umumnya pembimbing skripsi ada 2 orang yaitu pembimbing 1 dan pembimbing 2, minna-san harus terlebih dahulu menghadap kepada pembimbing 2 untuk berkonsultasi seputar bab I, bab II, dan bab III (ini termasuk cover, kata pengantar dan daftar isi) jika pembimbing 2 sudah setuju maka boleh melanjutkan konsultasi ke pembimbing 1. Kenapa harus absen muka? Biasanya 1 dosen bisa membimbing 5-7 mahasiswa dan otomatis semuanya juga ingin konsultasi jadi kamu harus tunjukkan wajahmu ada di antrian dosen yang ingin kamu temui. Meskipun hari itu kamu belum bisa berkonsultasi karena dosennya sibuk setidaknya dosen ingat kamu pernah berjuang menunggu untuk bisa berkonsultasi. Besoknyaa bisa jadi minna-san yang didahulukan.

2.     Bangunlah lebih pagi
Jika dosen yang ingin ditemui selalu datang ke kampus pagi-pagi sekali usahakan kamu harus lebih pagi. Bangun lebih pagi juga berguna supaya kamu berada di urutan antrian paling pertama yang ingin konsultasi atau paling tidak urutan kedua atau ketiga. Setidaknya minna tidak berada di urutan paling ujung.

3.     Berpenampilanlah yang rapi
Setiap jurusan memiliki etika berpakaian masing-masing, ada yang memeprbolehkan memakai jeans ada pula yang tidak, ada yang mengharuskan memakai baju berkerah dan tidak boleh kaos tapi ada pula yang sebaliknya. Apapun pakaian kalian tetaplah ikuti sesuai aturan yang berlaku di jurusan kalian, berpakaianlah yang rapi dan awali lah dengan senyuman. Jangan coba-coba menghadap dosen dengan wajah cemberut apalagi sampai bicara dengan nada tinggi. Dosennya sudah lelah masa disuguhi pemandangan yang kurang mengenakkan? Kuy mulai belajar dandan~

4.     Sediakan buku catatan dan pulpen/pensil
Dosen memang akan memberikan catatan-catatan dan koreksi-koreksi langsung di draft skripsi yang minna-san konsultasikan tapi terkadang ada pula saran dari dosen-dosen yang bersifat verbal. Daripada lupa lebih baik kita catat saja di buku catatan sehingga ketika revision di rumah/kost/asrama kita tidak kebingungan.

5.    Carilah referensi skripsi dengan dosen pembimbing yang sama
Nah, ini cukup penting mengingat biasanya setiap dosen memiliki ciri khas masing-masing dalam bimbingan skripsi. Carilah skripsi dari kakak tingkat yang dosen pembimbingnya sama dengan punya minna-san dan usahakan juga memiliki teman yang mau membantu mengerjakan tapi jangan sampai memaksa yaa

6.     Harus punya laptop dan printer sendiri
Ini berguna untuk menghemat pengeluaran selama skripsi. Daripada kita print di warnet/tempat fotokopi print sendiri jauh lebih murah dan jika terjadi kesalahan kita bisa koreksi saat itu juga. Jika tinggal di asrama/kost kita bisa saling pinjam misalnya teman yang punya printer, minna-san yang beli kertasnya atau barangkali membelikan tintanya. Simbiosis mutualisme lah…

7.     Jangan buang-buang waktu
Saat skripsi kita jadi sadar kalau waktu benar-benar berharga. Jika hari ini minna konsultasi skripsi malam ini juga segera perbaiki dan print ulang agar besok pagi minna-san punya kesempatan untuk berkonsultasi lagi supaya bisa cepat ACC dan maju seminar. Jika pekerjaan sudah selesai dan ada waktu senggang baru minna-san boleh main game atau bahkan pergi berbelanja.

8.     Melakukan hobi saat menunggu print-an
Seringkali kita harus menunggu print-an yang banyak, agar printer tidak cepat rusak paling tidak beri jeda 1-2 menit setelah print 10-20 lembar. Untuk print 20 lembar biasanya membutuhkan waktu lebih dari 3 menit nah kita bisa sambil mendengarkan lagu atau bahkan menonton music video agar lebih rileks dan tidak cepat mengantuk.

9.     Bawa cemilan
Sambil mengerjakan skripsi tidak ada salahnya sambil ngemil dan minum segelas kopi. Takut gendut? Itu tergantung sih ada yang ketika mengerjakan skripsi jadi makin kurus ada pula yang makin makmur, but it’s okay your body doesn’t matter to your work. Yang penting skripsinya dikerjakan.

10.   Harus dikerjakan setiap hari
Apapun yang terjadi minna-san harus mengerjakan skripsi itu meskipun hanya satu kalimat per hari ataupun satu paragraf. Pokoknya setiap hari harus ada progress sehingga kita bisa memotivasi diri kita sendiri.

11.   Beri diri sendiri hadiah
Kadang kita lupa memotivasi diri sendiri dan malah meminta dimotivasi. Sah-sah saja dimotivasi tapi alangkah kerennya jika bisa memotivasi diri sendiri. Janjikan pada diri sendiri misalnya ‘kalau nanti sudah seminar proposal aku akan pergi liburan ke…’ atau ‘kalau skripsiku sudah jadi aku akan membeli…’. Tory juga begitu loh janjiin diri sendiri PB Ryuji, nanti kalau sudah sampai akan bagi sneak peek nya lagi kayak PB tatsunari nyehehe.

12.   Hindari teman yang suka menunda
Beneran deh kalau kita ada di lingkungan teman yang geraknya cepat kita juga akan tertular cepat karena ada perasaan minder dan iri ‘kok temanku sudah, aku masih belum?’. Bisa dikatakan juga ini merupakan rasa khawatir terlebih dengan adanya orang yang tiap hari nanya ‘sudah seminar proposal?’ atau ‘sudah pendadaran?’ atau juga ‘kamu sudah sampai bagian mana skripsinya?’ ini pertanyaan-pertanyaan horror yang sebenarnya bikin sakit hati juga dengernya kalau kita masih belum sampai mana-mana sementara yang bertanya mungkin saja sudah selesai semua urusannya. Jadi, usahakan berada di lingkungan pertemanan yang selalu gesit dalam melakukan beragam hal terutama skripsi.

13.   Perbanyak doa
Ini adalah langkah terakhir yang bisa minna-san lakukan setelah melakukan segala usaha. Bagaimanapun usahanya tetap saja Tuhan yang menentukan hasil finalnya, tapi selalu percaya bahwa usaha tak pernah mengkhianati hasil (ini motivasi dari teman). Minta orangtua juga untuk mendoakan kita karena doa orangtua itu paling mujarab, minta juga doa dari teman-teman. Intinya kuatkan hati dan mental yaa

Nah.. semoga tipsnya bermanfaat yaaa minna-san. Skripsi itu nggak seberat yang kita kira, kalau kita sudah mensugesti diri dengan hal-hal negative pasti nantinya akan berakibat negative juga untuk kita. Optimis! Pasti bisa! Harus yakin dengan diri sendiri kalau orang lain bisa maka kamu juga pasti bisa. Ada banyak solusi bagi yang mau berusaha… dan jangan lupa bahagiaaa….

Bye bye~

No comments:

Post a Comment